perbedaan pedagogi dan andragogi
Perbedaan
pedagogy dan andragogi
ü Dalam Pedagogi,
sifat bersifat sangat bergantung pada guru, guru mengasumsikan dirinya bahwa
dirinya bertanggung jawab penuh terhadap apa yang diajarkan dan bagaimana ia
mengajar. Guru sebagai pusatnya dan guru yang
mengevaluasi hasil belajar.
Sementara dalam andragogi
siswa lebih bersifat mandiri dan mengarahkan dirinya bagaimana ia belajar.
Jadi siswa sendiri yang bertanggung jawab atas belajarnya bukan guru, baik
dalam melakukan evaluasi hasil belajar siswa diberi peluang yang cukup besar
melakukan evaluasi diri (self-assessment).
ü Apabila kita lihat dari peran
pengalaman pelajar dalam pedagogi, pengalaman guru lebih dominan. Siswa
mengikuti aktifitas belajar dimana ia sendiri tidak banyak mengalami sesuatu,
kecuali sebagai peserta pasif. Sedangkan andragogi,
pelajar mengalami secara leluasa Pengalaman menjadi sumber utama
mengidentifikasi penguasaan dirinya akan sesuatu. Satu sama lain saling
berperan sebagai sumber belajar.
ü Apabila kita lihat dalam segi orientasi terhadap belajar dalam pedagogi, pembelajaran
dianggap sebagai proses perolehan
pengetahuan materi kuliah yang
telah ditentukan sebelumnya. Materi yang akan diajarkan telah diurutkan secara
sistematis dan logis sesuai dengan topik- topik yang telah ditetapkan dalam
pengajaran. Sedangkan dalam andragogi,
pelajar harus memiliki keinginan untuk menguasai suatu pengetahuan tertentu, atau pemecahan
masalah tertentu yang dapat membuat ia sendiri puas. Pelajaran harus relevan
dengan kebutuhan tugas nyata pelajar itu sendiri. Materi yang diajarkan
didasari atas situasi pekerjaan atau
kebutuhan real pelajar, bukan berdasarkan topik-topik tertentu yang sudah
ditentukan.
ü Jika kita memandang dari segi motivasi dalam pedagogi, motivasi datang secara eksternal artinya
keinginan dalam belajar berasal dari luar dirinya yaitu disuruh atau diwajibkan
mengikuti salah satu pendidikan tertentu. Dalam andragogi, motivasi bersifat internal berasal dari dalam dirinya
sendiri sebagai wujud aktualisasi diri, penghargaan.
Secara umum perbedaan pedagogi dan andragogi dapat kita
lihat dari table berikut:
Paedagogi
|
Andragogi
|
Anak ialah pribadi yang tergantung.
Hubungan pelajar dengan pengajaran merupakan
hubungan yang bersifat pengarahan.
Pengalaman pelajar sangat terbatas, karena itu dinilai
kecil dalam proses pendidikan.
Guru menentukan apa yang akan dipelajari, bagaimana dan
kapan belajar.
Anak-anak cenderung mempunyai perspektif untuk menunda
aplikasi apa yang ia pelajari (digunakan di masa yad.)
Pendekatannya ”berpusat kepada mata pelajaran” (Subject
Centered)
|
Si pelajar bukan pribadi yang tergantung, tapi pribadi
yang telah masak secara psikologis.
Hubungan pelajar dengan pengajar merupakan hubungan
saling membantu yang timbal balik.
Pengalaman pelajar orang dewasa dinilai sebagai sumber
belajar yang kaya.
Pelajar menentukan apa yang mereka perlu pelajari
berdasarkan pada persepsi mereka sendiri terhadap tuntutan situasi sosial
mereka.
Pelajar cenderung mempunyai perspektif untuk
kecepatannya mengaplikasikan apa yang mereka pelajari.
Pendekatannya ”berpusat kepada masalah” (Problem
Centered)
|
0 komentar