perbedaan pedagogi dan andragogi


Perbedaan pedagogy dan andragogi


Kita telah membahas tentang pedagogi dan andragogi, sekarang kita akan membahas lebih lanjut sebenarnya apa yang membedakan pedagogi dan andragogi sih….?????


ü  Dalam Pedagogi, sifat bersifat sangat bergantung pada guru, guru mengasumsikan dirinya bahwa dirinya bertanggung jawab penuh terhadap apa yang diajarkan dan bagaimana ia mengajar. Guru sebagai pusatnya dan guru yang  mengevaluasi hasil belajar.
Sementara dalam andragogi siswa lebih bersifat mandiri dan mengarahkan dirinya bagaimana ia belajar. Jadi siswa sendiri yang bertanggung jawab atas belajarnya bukan guru, baik dalam melakukan evaluasi hasil belajar siswa diberi peluang yang cukup besar melakukan evaluasi diri (self-assessment).

ü  Apabila kita lihat dari peran pengalaman pelajar dalam pedagogi, pengalaman guru lebih dominan. Siswa mengikuti aktifitas belajar dimana ia sendiri tidak banyak mengalami sesuatu, kecuali sebagai peserta pasif. Sedangkan andragogi, pelajar mengalami secara leluasa Pengalaman menjadi sumber utama mengidentifikasi penguasaan dirinya akan sesuatu. Satu sama lain saling berperan sebagai sumber belajar.

ü  Apabila kita lihat dalam segi orientasi terhadap belajar dalam pedagogi, pembelajaran dianggap sebagai proses perolehan  pengetahuan  materi kuliah yang telah ditentukan sebelumnya. Materi yang akan diajarkan telah diurutkan secara sistematis dan logis sesuai dengan topik- topik yang telah ditetapkan dalam pengajaran. Sedangkan dalam andragogi, pelajar harus memiliki keinginan untuk menguasai suatu pengetahuan tertentu, atau pemecahan masalah tertentu yang dapat membuat ia sendiri puas. Pelajaran harus relevan dengan kebutuhan tugas nyata pelajar itu sendiri. Materi yang diajarkan didasari  atas situasi pekerjaan atau kebutuhan real pelajar, bukan berdasarkan topik-topik tertentu yang sudah ditentukan.


ü  Jika kita memandang dari segi motivasi dalam pedagogi, motivasi datang secara eksternal artinya keinginan dalam belajar berasal dari luar dirinya yaitu disuruh atau diwajibkan mengikuti salah satu pendidikan tertentu. Dalam andragogi, motivasi bersifat internal berasal dari dalam dirinya sendiri sebagai wujud aktualisasi diri, penghargaan.
Secara umum perbedaan pedagogi dan andragogi dapat kita lihat dari table berikut:
Paedagogi
Andragogi
  1. Konsep diri
Anak ialah pribadi yang tergantung.


Hubungan pelajar dengan pengajaran merupakan hubungan yang bersifat pengarahan.

  1. Pengalaman
Pengalaman pelajar sangat terbatas, karena itu dinilai kecil dalam proses pendidikan.

  1. Kesiapan belajar
Guru menentukan apa yang akan dipelajari, bagaimana dan kapan belajar.

  1. Orientasi Terhadap Belajar
Anak-anak cenderung mempunyai perspektif untuk menunda aplikasi apa yang ia pelajari (digunakan di masa yad.)
Pendekatannya ”berpusat kepada mata pelajaran” (Subject Centered) 

Si pelajar bukan pribadi yang tergantung, tapi pribadi yang telah masak secara psikologis.
Hubungan pelajar dengan pengajar merupakan hubungan saling membantu yang timbal balik.


Pengalaman pelajar orang dewasa dinilai sebagai sumber belajar yang kaya.



Pelajar menentukan apa yang mereka perlu pelajari berdasarkan pada persepsi mereka sendiri terhadap tuntutan situasi sosial mereka.

Pelajar cenderung mempunyai perspektif untuk kecepatannya mengaplikasikan apa yang mereka pelajari.

Pendekatannya ”berpusat kepada masalah” (Problem Centered)

0 komentar